Deteksi beberapa kerusakan komputer dengan bunyi beep

Rasanya sudah lama banget tidak pernah buka lagi blog hampir lupa malah...tapi kali ini saya coba posting beberapa kerusakan dalam komputer yg memang sering terjadi pada komputer lama,walau memeang belum meyakinkan tapi ini berdasarkan  pengalaman saya yg sering oprak-oprek komputer.. Hehehe semoga bermanfaat buat kita semua..
cek TKP gan............

1.      Bunyi ‘beep’ panjang terus-menerus, menandakan ada masalah pada Memory komputer  silakan anda cek  apakah RAM terpasang dengan benar. Cabut dan pasang lagi yang ketat/kencang.
2.      Bunyi ‘beep’  terus-menerus (pendek), berarti terjadi masalah di penerimaan tegangan (power). Silahkan di cek saja.
3.      Bunyi ‘beep’ 1 kali ( pendek), menandakan bahwa komputer anda telah berjalan normal dan baik-baik saja serta berhasil menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk proses boot-up komputer Anda. Namun Jika bunyi  ini terdengar tapi Komputer anda gak menyala juga, langkah yang pertama harus anda lakukan adalah cek kabel VGA yang terhubung antara CPU dengan monitor, sudah terpasang dengan benar atau tidak, atau coba cek monitor anda, monitor anda sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Sebaliknya, jika komputer berhasil menyala tetapi tidak ada suara ‘beep’ sebelumnya, coba cek internal Sound pada motherboard anda, atau cek motherboard atau bila perlu silahkan cek setingan pada bios komputer.
4.      Bunyi ‘beep’  1 kali (panjang) dan 1 kali (pendek), menandakan terjadi masalah di perangkat keras komputer, seperti Motherboard atau Memory (RAM), langkah yang harus di lakukan yaitu, cek kedua perangkat tersebut masih bisa berfungsi/terpasang dengan baik atau tidak. Untuk lebih jelas silahkan lihat cara cek Motherboard dan cara cek kerusakan memory (RAM).
5.      Bunyi beep 1 kali (panjang) dan 2 kali (pendek), menandakan terjadi masalah di monitor atau VGACard, lihat cara cek VGA Card
6.      Bunyi ‘beep’  1 kali (panjang) dan  3 kali (pendek), berarti ada masalah pada Keyboard komputer, silahkan anda cek keyboard komputer, atau  kencangkan sambungan kabel dari keyboard yang biasanya terpasang ke port serial, ps2, atau USB.
7.      Bunyi ‘beep’  1 kali (panjang) dan 9 kali (pendek), menandakan terjadi masalah di ROM BIOS komputer. Silahkan anda cek.
8.      Bunyi ‘beep’ 2 kali (pendek), mengisyaratkan ada masalah pada konfigurasi atau setting pada CMOS anda. reset CMOS dengan memindah jumper pada clear CMOS kemudian booting ulang.


**** Bunyi beep juga sering terjadi apabila Prosessor terlalu panas, ini terjadi pada beberapa merk Motherboadrd.
butuh kejelian dalam mendengarkan kode-kode bunyi yang terjadi, saya sarankan jangan dengarkan kode bunyinya di tempat yang bising karena itu akan mengganggu pendengaran kita..hehehe..

Semoga Artikel singkat tentang Cara Deteksi kerusakan komputer dengan bunyi beep  dapat berguna,..
Share this article :
 

Post a Comment

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blog Tentang Informasi Dunia Blog
Copyright © 2011. Blog Tentang Informasi Dunia Blog - All Rights Reserved
DMCA.com
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger